KesehatanTips

Tips Puasa Sehat

Pada dasarnya puasa sendiri merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk membuat tubuh anda menjadi lebih sehat. Maka dengan itu perlunya Tips Puasa Sehat.

Kenapa demikian? Perlu anda ketahui bahwa puasa merupakan salah satu cara yang sangat baik untuk membantu proses detoxifikasi racun di dalam tubuh. Ini tentu sangat penting mengingat tubuh kita terlalu sering menerima asupan makanan yang tidak sehat sehingga berpotensi membawa racun dan zat-zar berbahaya di dalam tubuh. Akibatnya, racun yang tertimbun di dalam tubuh selama bertahun-tahun bisa mengganggu kinerja sel-sel di dalam tubuh. Kondisi ini lah yang akhirnya seringkali memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, kolesterol, diabetes, kanker, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Fungsi lain dari puasa adalah mengistirahatkan organ pencernaan. Organ yang bekerja untuk mencerna makanan yang kita konsumsi ini akan terus bekerja jika kita tidak berpuasa. Hal ini diibaratkan seperti ketika anda menggunakan sepeda motor. Jika sepeda motor terus dinyalakan untuk perjalanan yang jauh tanpa berhenti, maka mesin motor tentunya akan sangat panas dan untuk mendinginkannya maka anda harus menghentikannya sejenak. Begitu juga dengan organ pencernaan anda.

Sayangnya puasa seringkali membuat sebagian orang khawatir bahwa dengan puasa mereka akan dehidrasi, akan kelaparan, kulit akan menjadi kering dan lain sebagainya. Padahal puasa tidak akan menyebabkan semua masalah itu karena di dalam tubuh kita sudah memiliki cadangan untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Agar puasa anda tetap aman, berikut ini tips puasa sehat untuk anda;

a. Banyak mengkonsumsi air putih.

Pada malam hari, perbanyak mengkonsumsi air putih. Hal ini untuk memberikan persediaan mineral untuk tubuh anda sehingga ketika puasa anda tidak akan dehidrasi.

b. Pilihlah makanan yang mengandung kalori. 

Ketika puasa anda pasti akan tetap beraktifitas, ini artinya anda tetap membutuhkan kalori untuk energy anda.

c. Hindari makanan berlemak dan terlalu pedas.

Makanan yang mengandung lemak tinggi pastinya sangat tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, hindari juga makanan yang terlalu pedas karena dikhawatirkan hal ini akan memicu meningkatnya asam lambung bagi anda yang mempunyai penyakit maag.

d. Hindari makanan yang mengandung zat-zat berbahaya.

Aneka makanan instan adalah makanan yang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi apalagi pada saat puasa. Kandungan dalam makanan instan merupakan sumber racun yang bisa berbahaya untuk kesehatan. Jadi agar puasa anda tetap sehat, pilihlah makanan yang bukan isntan dan bebas dari bahan pengawet.

Tips puasa sehat ini pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Semakin sehat makanan yang dikonsumsi, maka ketika puasa anda tidak akan mengalami masalah. Khusus bagi anda yang mempunyai penyakit maag, mengkonsumsi obat maag menjelang waktu puasa cukup baik untuk mengantisipasi sakit maag yang kambuh.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close