NgeblogTips

Cara Membuat VPS untuk Web Hosting

Cara Mudah Membuat VPS untuk Web Hosting

Tips kali ini adalah cara membuat vps untuk webhosting yang akan saya ulas dengan lengkap dan hanya butuh 7 menit saja dalam melakukan instalasinya sampai konfigurasinya.

Apa saja yang perlu disiapkan untuk Cara Membuat VPS ?

  1. VPS atau kepanjangannya Virtual Private Server, pada panduan ini saya menggunakan VPS dari DIGITAL OCEAN. nah kalo belum punya, bisa daftar langsung di DIGITAL OCEAN untuk mendapatkan saldo tambahan $50 untuk register member baru.
  2. Domain Name atau nama domain, ini adalah alamat website kita seperti namawebku.com adalah domain name dari website ini. anda bisa daftarkan di banyak penyedia domain. seperti di namecheap, godaddy, atau yang cara mudah pembayarannya bisa di Niagahoster yang menyediakan domain murah juga berkisar Rp.14 ribuan sampai dengan 100 ribuan pertahun. bisa anda dafta langsung di sini DOMAIN MURAH.
  3. Tool yang kita perlukan kali ini adalah Putty, gunanya ini untuk mengakses langsung ke vps.

Apa saja langkah-lngkah pembuatannya ?

  1. Membuat Project dan Droplet di Digital Ocean
  2. Menginstall VPS dan Konfigurasinya
  3. Menghubungkan Domain Name dengan VPS

Oke sebelumnya pastikan Anda sudah mendaftar di Digital Ocean dan sudah mempunyai domain name, dan jangan lupa sudah install Putty untuk akses ke vpsnya.

1. Membuat Project & Droplet di DO.

Silahkan and login ke akun Digital Ocean, Jika Belum segera register di DIGITAL OCEAN
Kemudian kita buat sebuah project dulu. dengan mencari menu create new project. seperti gambar dibawah ini.

Cara Mudah Membuat VPS

Silahkan isi dengan nama vps ente atau apa saja terserah ente aja bro! kolom description mu dikosongin juga gak apalah. untuk kolom yang bawahnya kita pilih aja Website or blog, karena memang kita mau membuat vps buat webhosting kan! ok setelah itu klik Create Poject.

Setelah itu kita buat dropletnya, droplet ini semacam mesinnya lah, ibarat ente punya komputer tuh di install windows gitulah. oke kita create dropletnya seperti gambar dibawah ini.

Nah nanti ente disini disuruh milih mau pake apa nih dropletnya.
karena ngikutin tutorial ane biar cepat ikutin aja seperti digambar berikut ini ane pilih centos, untuk wilayah servernya kita ambil singapure jika target kita untuk web / blog indonesia, kalo target luar ya sesuaikan saja, dan disini ane pilih yang biaya sewanya murah aja dulu yaitu $5 perbulan, jika dah rame banget bisa diupgrade kog.

Pilahan OS
Pilihan Wilayah Server
Biaya Sewa perbulan

Nah jadi deh dropletnya, langsung kita menuju email kita, cek inbox yang masuk dari DO. disitu terdapat data-data dari vps kita.

2. Mengintall VPS dn Konfigurasinya.

Cek email masuk dari Digital ocean.

catat data-datanya, yang terpenting disini IP Address username dan paswordnya. setelah itu kita coba akses masuk ke vps melalui putty.
kita buka putty yang udah di install sebelumnya.

Masukkan tuh data-data yang didapat dari email ke Putty, sebaiknya di save dulu biar kapan waktu mau akses lagi gak perlu buka email lagi.
untuk awal pertama ini hanya perlu masukkan IP Adress, port 22, connection type SSH, kemudin save dulu, jika sudah kita klik Open.

Tahap awal pertama kali masuk ke server kita, ada muncul windows alert, tenang bro, cukup klik Yes aja.
oh iya jangan lupa copy aja dulu password dari vps kita yang ada diemail tadi.

login as: ketik aja root
dan pada password: masukkan passoword vpsnya, atau jika anda baru saja mengcopy passwordnya cukup klik kanan di area pasword:
memang tidak ada terlihat apa-apa, cukup klik enter di keyboard, nanti ente akan diminta lagi masukkan password lagi, sekali lagi cukup klik kanan dan enter. karena ini pertama kali kita koneksi ke vps, maka diminta untuk mengganti passwordnya terlebih dahulu, maka jika ada pernyataan New password: masukkan password baru ente, perlu diingat untuk password di centos ini harus memasukkan kombinasi hurup dan angka. contohnya Namawebku99. setelah masukkan password klik enter aja, dan masukkan lagi password baru tadi di Retype new password:

Oke sekarang kita masuk ke tahap inti dalam menginstall vpsnya, disini saya menggunakan vpssim, kenapa saya pilih ini? karena lebih mudah dan fiturnya juga banyak, pokoknya gak ribet dah! ikutan aja langkah-langkah berikutnya ya….

untuk installasinya kita beri perintah ini:
yum -y install wget; wget https://vpssim.com/install; chmod +x install; bash install
pilih bahasanya english, dan yang lainnya bisa dilihat di gambar berikut ini:

Setelah selesai akan otomatis server akan restart, sehingga koneksi kita di vps lewat putty akan terputus, jadi kita hanya perlu tutup dulu puttynya dan buka lagi dan koneksikan lagi.
Selesai dah install vps dan konfigurasinya menggunakan vpssim.

3. Menghubungkan Domain dengan VPS

Disini yang pertama kali ente lakukan adalah masuk ke control panel domain ente untuk setting dns domainnya. contohnya di namecheap atau niagahoster. jika belum ada domain bisa beli domain murah DISINI.

setelh masuk ke control domain, ganti atau masukkan dnsnya seperti gambar diatas. lalu save.

Setelah itu kita masuk kembali ke putty untuk mengakses vpsnya, dan mengkoneksikan domain name ke server vps kita.
setelah itu cukup ketikkan vpssim untuk masuk ke akses vpssim.

Nah disini ente tinggal ikutin aja langkah-langkahnya, add website, pilih wordpress kalo ingin pake wordpress, kemudian masukkan domain kita, dan selanjutnya ikutin aja panduan di dalamnya.

Nah dengan menggunakan vpssim ini maka ane simpulkan bahwa inilah Cara Membuat VPS untuk Web Hosting.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close